TUGAS PERSONAL
Akhlak Tasawuf
|
DOSEN
PENGAMPU MATA KULIAH
Muhammad
Yassar, LC
|
AKHLAK TASAWUF
Oleh :
Muhammad Sadriyannor
|
1501150144
|
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ANTASARI
FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM
PROGRAM STUDI S1-EKONOMI SYARIAH
BANJARMASIN
2015/2016
DATA BUKU
Judul buku:
Akhlak Tasawuf
Penulis: Prof.
Dr. Rosihon Anwar, M.Ag.
Editor: Drs.
Maman Abd. Djaliel, M.Ag.
Desain Cover:
Wandi
Khath Arab: Drs.
Maman Abd. Djaliel, M.Ag.
Setting, Layout,
Montase: Tim Redaksi Pustaka Setia
Cetakan: 2010
ISBN: 979-979-730-917-6
Penerbit: CV.
Pustaka Setia
Jumlah Bab: 16
(Enam belas)
Jumlah Halaman:
364 halaman
Ukuran Buku: 16
cm X 24 cm
Harga Buku: Rp.
45.000,-
Dibeli pada: 05
Maret 2016
BAB I
SISTEMATIKA
PENULISAN
Bahasa yang digunakan dalam buku yang saya
resensi ini menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti.
BAB II
KEUNGGULAN BUKU
-
Adanya footnote yang
memudahkan pembaca mencari referensi aslinya;
-
Terdapat penjelasan dalam
footnote
-
Dimuatnya ringkasan pada
tiap bab yang memudahkan pembaca.
BAB III
KELEMAHAN BUKU
-
K
BAB IV
ISI BUKU
BAB 1
AKHLAK DAN BEBERAPA
TINJAUAN TERHADAPNYA
Dalam bab pertama
ini membahas tentang akhlak yaitu secara bahasa adalah perangai, tabiat, dan
agama. Secara harfiah berarti kumpulan kaidah untuk menempuh jalan yang
terbaik, jalan yang sesuai untuk menuju akhlak, pandangan akal tentang kebaikan
dan keburukan.
Landasan dan
kedudukan akhlak, adalah:
1.
Q.S. Al-Maidah [5]: 15-16
2.
Q.S. Al-Ahzab [33]: 21
3.
Q.S. Al-Qalam [68]: 4 dan
68
4.
Serta beberapa Hadist Nabi
Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Malik, Ahmad dan At-Tirmidzi
Tujuan akhlak dan manfaat mempelajarinya,
yaitu:
1.
Mengetahui tujuan utama
diutusnya Nabi Muhammad SAW.
2.
Menjembatani kerenggangan
antara akhlak dan ibadah
3.
Mengimplementasi
pengetahuan tentang akhlak dalam kehidupan
Ruang lingkup akhlak, sebagai
berikut:
1.
Akhlak terhadap Allah SWT.;
2.
Akhlak terhadap Rasullah
SAW.;
3.
Akhlak terhadap pribadi;
4.
Akhlak dalam keluarga;
5.
Akhlak bermasyarakat;
6.
Akhlak bernegara.€
BAB 2
HUBUNGAN ILMU AKHLAK
DENGAN ILMU LAINNYA
Sebagai ilmu
pengetahuan yang berdiri sendiri, ilmu akhlak dalam menjalankan fungsinya yang
lebih luas lagi tidak terlepas dari ilmu-ilmu lainnya, bahkan banyak menjalin
hubungan erat dengan ilmu-ilmu lainnya, sebagai berikut:
1.
Ilmu akhlak dengan sosiologi
2.
Ilmu akhlak dengan
psikologi
3.
Ilmu akhlak dengan ilmu
hukum
4.
Ilmu akhlak dengan filsafat
5.
Ilmu akhlak dengan ilmu
tasawuf (Irfan)
6.
Ilmu akhlak dengan ilmu
pendidikan (Tarbiyah)
7.
Ilmu akhlak dengan akidah
ibadah
BAB 3
SEJARAH DAN
PERKEMBANGAN ILMU AKHLAK
Ada beberapa tokoh yang berupaya melakukan
pembahasan sejarah dan perkembangan ilmu akhlak ini, di antarnya adalah Ahmad
Amin. Seperti:
A.
Sejarah perkembangan akhlak
pada zaman Yunani
1.
Tokoh-tokoh Sofistik (500 –
450 SM);
2.
Socrates (469 – 399 SM);
3.
Cynics dan Cyrenics;
4.
Plato (427 – 347 SM);
5.
Aristoteles (394 – 322 SM);
6.
Stoics dan Epicurics;
7.
Agama Nasrani.
B.
Akhlak pada abad
pertengahan
1.
Abelard (1079 – 1142 M);
2.
Thomas Aquinas (1226 – 1274M).
C.
Sejarah akhlak pada bangsa
Arab sebelum Islam
1.
Luqman;
2.
Al-Hakim;
3.
Aktsam bin Shaifi;
4.
Zuhair bin Abi Sulma (530 –
627M);
5.
Hatim Ath-Tha’i.
D.
Sejarah akhlak pada bangsa
Arab setelah Islam
1.
Ali bin Abi Thalib;
2.
Isma’il bin Mahram Abu
An-Nashr As-Saukani (abad ke-2 H);
3.
Ja’far bin Ahmad Al-Qummi
(abad ke-3 H);
4.
Ar-Razi (250 – 313 H);
5.
Ali bin Ahmad Al-Kuhfi
(abad ke-4 H);
6.
Ibnu Manaskawaih (abad
ke-5H);
7.
Warram bin Abi Al-Fawaris
(abad ke-6 H);
8.
Syekh Khawajah Nashir
Ath-Thusi (abad ke-7 H);
Dalam Islam, tidak diragukan lagi bahwa
Nabi Muhammad SAW. adalah guru terbesar dalam bidang akhlak.
E.
Barat (Zaman Baru)
1.
Descartes (1596 – 1650 M);
2.
Jhon of Salisbury (1120 –
1180 M);
3.
Bentham (1748 – 1832 M) dan
Stuart Mill (1806 – 1873 M)
4.
Thomas Hill Green (1836 –
1882 M) dan Herbert Spencer (1820 – 1903 M)
5.
Spinoza (1632 – 1677 M),
Hegel (1770 – 1831 M), dan Kant (1724 – 1831 M)
6.
Victor Cousin (1792 – 18767
M) dan August Comte (1798 – 1857 M)
7.
Pasca Mill dan Spencer
BAB 4
BAIK DAN BURUK
Baik adalah
segala sesuatu yang berhubungan dengan luhur, bermartabat, menyenangkan, dan
disukai manusia. Adapun buruk adalah sesuatu yang berhubungan dengan
sesuatu yang rendah, hina, menyusahkan,
dan di benci manusia.
Ukuran baik dan
buruk:
1.
Aliran naturalisme;
2.
Aliran hedonisme;
3.
Eudaemonisme;
4.
Pragmatisme;
5.
Vitalisme;
6.
Idealisme;
7.
Eksistensialisme;
8.
Utilitarisme;
9.
Deontologi;
10. Teologis.
BAB 5
AKHLAH TERPUJI
Menurut
Al-Ghazali, akhlak terpuji merupakan sumber ketaatan dan kedekatan kepada Allah
SWT. sehingga mempelajari dan mengamalkannya merupakan kewajiban individual
setiap muslim.
Macam-macam
akhlak terpuji, yaitu:
1.
Akhlak terhadap Allah SWT.
a.
Menauhidkan Allah SWT.
b.
Berbaik sangka (husnu
zhann)
c.
Zikrullah
d.
Tawakal
2.
Akhlak terhadap diri
sendiri
a.
Sabar
b.
Syukur
c.
Menunaikan amanah
d.
Benar atau jujur
e.
Menepati janji (al-wafa’)
f.
Memelihara kesucian diri
3.
Akhlak terhadap keluarga
a.
Berbakti kepada orang tua
b.
Bersikap baik kepada
saudara
4.
Akhlak terhadap masyarakat
a.
Berbuat baik kepada
tetangga
b.
Suka menolong orang lain
5.
Akhlak terhadap lingkungan.
BAB 6
AKHLAK TERCELA
(MADZMUMAH)
Akhlak tercela
merupakan tingkah laku yang tercela yang dapat merusak keimanan seseorang dan
menjatuhkan martabatnya
Macam-macam
akhlak tercela:
1.
Syirik
2.
Kufur
3.
Nifak dan Fasik
4.
Takabur dan Ujub
5.
Dengki
6.
Gibah (mengumpat)
7.
Riya’
BAB 7
PENGERTIAN TASAWUF
DAN DASAR-DASAR QURANINYA
Ilmu
tasawuf adalah ilmu yang mempelajari usaha membersihkan diri, berjuang
memerangi hawa nafsu , mencari jalan kesucian dengan makrifat menuju keabadian,
saling mengingatkan antara manusia, serta berpegangan teguh pada janji Allah
SWT. dan mengikuti syariat Rasullah SAW. dalam mendekatkan diri dan mencapai
keridaan-Nya.
Ciri-ciri
tasawuf:
1.
Memiliki moral;
2.
Pemenuhan fana (sirna)
dalam realitas mutlak;
3.
Pengetahuan intuitif
langsung;
4.
Timbulnya rasa kebahagiaan
sebagai karunia Allah SWT.;
5.
Penggunaan simbol-simbol
yang biasanya mengandung pengertian secara harfiah dan tersirat.
Dasar-dasar tasawuf dalam
Al-Qur’an
1.
Q.S. Al-Ma’idah [5]: 54
2.
Q.S. At-Tahrim [66]: 8
3.
Q.S. Al-Baqarah [2]: 115
dan 155, serta186
4.
Q.S. An-Nur [24]: 35
5.
Q.S. Qaf [50]: 16
6.
Q.S. Fatir [35]: 5
7.
Q.S. An-Nisa [4]: 77
8.
Q.S. Al-Hujarat [49]: 13
9.
Q.S. Ath-Talaq [65]: 3
10. Q.S. Az-Zumar [39]: 38
11. Q.S. Ibrahim [14]:7
12. Q.S. Al-Mu’min [40]: 56
13. Q.S. Al-Ma’idah [5]: 119.
BAB 8
SEJARAH PERKEMBANGAN
TASAWUF DARI MASA KE MASA
A.
Perkembangan tasawuf pada
abad kesatu dan kedua Hijriah
1.
Aliran Madinah
a.
Abu Bakar Ash-Shiddiq (w.
13 H)
b.
Umar bin Khaththab (w. 23
H)
c.
Utsman bin Affan (w. 35 H)
d.
Ali bin Abi Thalib (w. 40
H)
e.
Salman Al-Farisi (w. 32 H)
f.
Abu Dzar Al-Ghifary (w. 22
H)
g.
Ammar bin Yasir (w. 37 H)
h.
Hudzaifah bin Al-Yaman (w.
36 H)
i.
Al-Miqdad bin Al-Aswad (w.
33 H)
2.
Aliran Bashrah
a.
Al-Hasan Al-Bashry (22 H –
110 H)
b.
Rabi’ah Al-Adawiyah (96
H/713 M – 185 H/801 M)
c.
Malik bin Dinar (w. 131 H)
3.
Aliran Kufah
a.
Sufyan Ats-Tsaury (97 H/715
M – 161 H/778 M)
b.
Ar-Rabi’ bin Khatsim (w. 67
H)
c.
Sa’id bin Jubair (w. 95 H)
d.
Thawus bin Kisan (w. 106 H)
4.
Aliran Mesir
a.
Salim bin ‘Atar At-Tajibi
(w. 75 H)
b.
‘Abdurrahman bin Hujairah
(w. 69 H)
c.
Nafi’ (w. 117 H)
d.
Al-Laits bin Sa’ad (w. 175
H)
e.
Hayah bin Syuraih (w. 158
H)
f.
‘Abdullah bin Wahab (w. 197
H)
B.
Abad ketiga dan keempat
Hijriah
1.
Perkembangan tasawuf pada
abad ketiga Hijriah
a.
Abu Sulaiman Ad-Darani (w.
215 H)
b.
Ahmad bin Al-Hawary
Ad-Damasqiy ( w. 230 H)
c.
Dzu An-Nun Al-Misri (115
H/770M – 245 h/860 M)
d.
Abu Yazid Al-Bustami (w.
261 H/874 M)
e.
Junaidi Al-Baghdadi (w. 298
H)
f.
Al-Hallaj (lahir tahun 244
H/838 M)
2.
Perkembangan tasawuf pada
abad keempat Hijriah
a.
Musa Al-Anshary (w. 320 H)
b.
Abu Hamid bin Muhammad
Ar-Rubazy (w. 322 H)
c.
Abu Zaid Al-Adamy (w. 314
H)
d.
Abu Ali Muhammad bin Abdil
Wahbab As-Saqafy (w. 328)
C.
Abad kelima Hijriah
a.
Al – Qusyairi (376 – 465 H)
b.
Al – harawi (lahir 396 H)
c.
Al- Ghazali (450 – 405 H)
D.
Abad keenam, ketujuh, dan
kedelapan Hijriah
1.
Perkembangan tasawuf pada
abad keenam Hijriah
a.
As-Suhrawardi Al-Maqtul (w.
587/1191 M)
b.
Al-Ghazawany (w. 545 H/1151
M)
2.
Perkembangan tasawuf pada
abad ketujuh Hijriah
a.
Ibnu Faridh
b.
Ibnu Sabi’in
c.
Jamaluddin Ar-Rumy
3.
Perkembangan tasawuf pada
abad kedelapan Hijriah
a.
Al-Kisany (w. 739 H/1321 M)
b.
Abdul Karim Al-Jily
4.
Perkembangan tasawuf pada
abad keenam Hijriah
a.
Abdul Wahhab Asy-Sya’rany
b.
Abdul Abbas Ahmad bin
Muhammad bin Mukhtar At-Tijany
c.
Sidi Muhammad bin Ali
As-Sanusy
d.
Asy-Syekh Muhammad Amin
Al-kurdi
BAB 9
KERANGKA BERPIKIR
‘IRFANI: DASAR-DASAR FALSAFI AHWAL DAN MAQAMAT
Kerangka sikap
dan perilaku sufi diwujudkan melalui amalan dan metode tertentu yang disebut thariqat,
atau jalan dalam rangka menemukan pengenalan (ma’rifat) Allah SWT.
lingkup perjalanan mnenuju Allah SWT. untuk memperoleh pengenalan (ma’rifat)
yang berlaku di kalangan sufi sering disebut sebagai kerangka ‘irfani.
Maqam-maqam dalam
tasawuf:
1.
Tobat
2.
Zuhud
3.
Faqr (Fakir)
4.
Sabar
5.
Syukur
6.
Rela (Rida)
7.
Tawakal
Hal-hal yang
dijumpai dalam perjalanan Sufi:
1.
Waspada dan mawas diri
(mushasabah dan muraqabah)
2.
Cinta (hubb)
3.
Berharap dan takut (raja
dan khauf)
4.
Rindu (syauq)
5.
Intim (uns)
Metode ‘Irfani:
1.
Riyadhah
2.
Tafakur
3.
Tazkiyat an-nafs
4.
Zikrullah
BAB 10
HUBUNGAN TASAWUF
DENGAN ILMU KALAM, FILSAFAT, FIQH, DAN ILMU JIWA
Sebagai sebuah
disiplin ilmu keislaman, tasawuf tidak dapat lepas dari keterkaitan dengan
ilmu-ilmu keislaman lainnya, seperti ilmu kalam, dan bidang ilmu yang lainnya.
BAB 11
TASAWUF AKHLAKI
Secara etimologis
, tasawuf akhlaki bermakna membersihkan tingkah laku atau saling membersihkan
tingkah laku.
Tokoh tasawuf
akhlaki:
1.
Hasan Al-Bashri
2.
Al-Mushasibi
3.
Al-Qusyairi
4.
Al-Ghazali
BAB 12
TASAWUF IRFANI
Tasawuf Irfan
tidak hanya membahas soal keikhlasan dalam hubungan antarmanusia, tetapi lebih jauh menetapkan
bahwa apa yang kita lakukan tidak pernah kita lakukan. Ini tingkatan ikhlas
yang paling tinggi.
Tokoh-tokoh
tasawuf Irfan:
1.
Rabi’ah Al-Adawiah
2.
Dzu An-Nun Al-Misri
3.
Abu Yazid Al-Bustami
4.
Abu Manshur Al-Hallaj
BAB 13
TASAWUF FALSAFI
Tasawuf falsafi
adalah tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan antara visi mistis dan visi
rasional penggagasnya.
Tokoh-tokoh
tasawuf falsafi;
1.
Ibnu Arabi
2.
Al-Jili
3.
Ibnu Sab’in
BAB 14
TAREKAT
Tarekat adalah
“jalan” yang ditempuh oleh para sufi. Jalan ini dapat digambarkan sebagai jalan
yang berpangkal dari syariat sebab jalan utama disebut ‘syar, sedangkan
anak jalan disebut thariq.
STUDI KRITIS TERHADAP
ALIRAN-ALIRAN TASAWUF
Esensi tasawuf
sebenarnya telah ada sejak masa kehidupan Rasullah SAW., tetapi tasawuf sebagai
ilmu keislaman merupakan hasil kebudayaan Islam sebagaimana ilmu-ilmu keislaman
lainnya, seperti fiqh dan ilmu tauhid. Oleh karena itu tasawuf seperti halnya
ilmu-ilmu lainnya, tidak terlepas dari kritikan-kritikan dari berbagai golongan
yang menentangnya.
BAB 16
TASAWUF DI INDONESIA
Dari sekian
banyak naskah lama yang berasal dari Sumatra, baik yang ditulis dalam bahasa
Arab maupun Melayu, berorientasi sufisme. Hal ini menunjukkan bahwa pengikut
tasawuf merupakan unsur yang cukup dominan dalam masyarakat pada masa itu.
Kenyataan lainnya, kita dapat melihat pengaruh yang sangat besar dari para sufi
dalam memengaruhi kepemimpinan raja, baik yang ada di tanah Aceh maupun yang
ada di tanah Jawa.
Tokoh-tokoh
tasawuf di Indonesia
1.
Hamzah Al-Fansuri
2.
Nuruddin Ar-Raniri
3.
Syekh Abdur Rauf As-Sinkili
4.
Syekh Yusuf Al-Makasari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar