PROPOSAL
USAHA
“SPAGHETTI
PENTOL”
PENYUSUN:
NAMA: MUHAMMAD
SADRIYANNOR
KELAS: XII a PEMASARAN
SEKOLAH : SMK NEGERI 3
BANJARMASIN
PROGRAM KEAHLIAN:
PEMASARAN
2014/2015
LEMBAR PENGESAHAN
Proposal usaha spaghetti pentol ini telah
disetujui dan disahkan untuk
disajikan pada ujian produktif tingkat SMK program
keahlian pemasaran tahun pelajaran 2014/2015, yang diadakan di SMKN 3 Banjarmasin.
Banjarmasin, februari 2015
Guru
pembimbing Ketua
jurusan
Rusmaliansari Norma
Olfah
NIP. 19680925
199203 2 010 NIP. 19690903 200604 2
004
KATA PENGANTAR
Segala puji hanya milik Allah
SWT. Shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada
Rasulullah SAW. Berkat limpahan dan rahmat-Nya penyusun
mampu menyelesaikan tugas proposal ini guna memenuhi
tugas ujian praktek.
Dalam penyusunan tugas atau materi ini, tidak sedikit
hambatan yang penulis hadapi. Namun penulis menyadari bahwa kelancaran dalam
penyusunan materi ini tidak lain berkat bantuan, dorongan, dan bimbingan orang
tua dan orang lain dan semua orang telah membantu saya, sehingga
kendala-kendala yang penulis hadapi dapat teratasi.
Proposal ini disusun untuk memenuhi tugas ujian praktik
tingkat SMK yang diselenggaran oleh SMK Negeri 3 Banjarmasin dan bagi para
pembaca agar dapat memperluas ilmu yang berkaitan tentang kewirausahaan, yang
kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber informasi, referensi,
dan berita. Proposal ini di susun oleh penyusun dengan berbagai rintangan. Baik
itu yang datang dari diri penyusun maupun yang datang dari luar. Namun dengan
penuh kesabaran dan terutama pertolongan dari Allah akhirnya makalah ini dapat
terselesaikan.
Semoga proposal ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas
dan menjadi sumbangan pemikiran kepada pembaca khususnya para murid di SMK
Negeri 3 Banjarmasin. Saya sadar bahwa proposal ini masih banyak kekurangan dan
jauh dari sempurna. Untuk itu, kepada guru pembimbing
saya meminta masukannya demi perbaikan
pembuatan makalah saya di masa yang
akan datang dan mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca
Penyusun,
Muhammad Sadriyannor
NIS. 1211812
DAFTAR ISI
§ Sampul depan 1
§ Lembar pengesahan 2
§ Kata pengantar 3
§ Daftar isi 4
A. Latar belakang 5
B. Visi usaha 6
C. Misi usaha. 6
D. Analisa peluang usaha 6
E. Analisis S.W.O.T 7
F. Marketing mix 8
G. Perhitungan modal 10
H. Harga jual 11
I. Perhitungan laba rugi 11
J. Analisa keuntungan 11
K. Cara membuat 12
L. Kesimpulan 13
M. Saran 13
§ Daftar pustaka 14
A. LATAR BELAKANG
Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang lebih
menyukai makanan siap saji dengan rasa yang enak dan harga relatif murah, namun
kualitas tetap terjamin. Untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut harus
diciptakan suatu kegiatan usaha yang sifat nya kreatif, inovatif dan memiliki daya
saing yang tinggi, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk
membeli produk yang kita tawarkan.
Salah satu makanan siap saji adalah “spaghetti”.
Spagetti adalah makanan dari Italia yang cocok dengan lidah orang Indonesia.
Dulu spaghetti di kenal sebagai makanan kalangan atas, namun sekarang spaghetti
dapat dinikmati oleh semua kalangan.
Oleh karena itu, ini dapat menjadi peluang usaha bagi saya untuk menjual “Spagetti
Pentol” yang enak namun dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan.
Walaupun spaghetti termasuk makanan berat tetapi sekarang banyak yang
menganggap spaghetti sebagai makanan pelengkap.
Spaghetti pentol adalah inovasi dari spaghetti yang
ditambahkan pentol iris di atasnya, yang akan menambah rasa nikmat saat dimakan.
Spaghetti pentol ini pun menjadi perpaduan makanan antara Italia dan Indonesia.
Dalam memulai usaha, yang
pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan cara menarik
minat para konsumen. Peluang pasar yang hendak kita capai dalam bisnis dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua
adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing dan
kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan,
dan kualitas harus ditingkatkan. Jangan
lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi
Agar
usaha ini dikenal masyarakat, tentu saja harus dilakukan promosi, baik dengan
cara menyebarkan brosur, memasang iklan di media cetak/elektronik, memasang
spanduk ataupun promosi dari mulut ke mulut. Promosi ini dilakukan dengan
tujuan untuk menarik minat calon pembeli atas produk yang ditawarkan.
B. VISI USAHA
Visi
merupakan gambaran masa depan yang telah ditetapkan dan diusahakan untuk
diwujudkan pada masa yang telah ditentukan.
Saya
dapat menentukan visi usaha ini, yaitu:
Menjadikan
Spaghetti pentol sebagai makanan yang berkualitas dan dapat dinikmati oleh
semua kalangan masyarakat, dan termasuk dalam salah satu kuliner yang sukses di
Banjarmasin dengan omset yang tinggi sehingga dapat membuka cabang yang
tersebar diseluruh Indonesia bahkan sampai menembus pasar Internasional
dan akan menampung sangat banyak
karyawan sehingga dapat mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran yang ada
di Indonesia.
C. MISI USAHA
Misi
merupakan cara atau strategi untuk mencapai atau mewujudkan visi yang telah
ditetapkan.
Maka
saya menyimpulkankan bahwa misi usaha ini, adalah:
Menyajikan
Spaghetti pentol dengan sangat menjaga kualitas yang baik dan penampilan yang mewah
namun dengan modal yang relatif murah, dan dengan promosi yang menarik, baik dan
tepat serta pelayanan yang sangat memuaskan bagi konsumen.
D. ANALISA PELUANG USAHA
Target
segmen pasar pada saat ini adalah seluruh murid dan guru-guru yang ada di SMK
Negeri 3 Banjarmasin, dan apabila sukses saya akan memperluas target pasar saya
ke khalayak luas.
E. Analisis S.W.O.T
1. Strength (kekuatan)
Strength yaitu mampu melihat ke dalam produknya
sendiri apa yang menjadi kekuatan sehingga dapat mengukur kemampuan dan potensi
yang ada pada produknya.
·
Kandungan gizi
dalam spaghetti pentol ini sangatlah banyak
·
Spaghetti
pentol ini sangat enak dan dapat memberikan sensasi kenikmatan karena perpaduan rasa dari spaghetti dan
pentol
·
Harga
spaghetti pentol ini sangat terjangkau
·
Kualitas
spaghetti pentol ini sangat tinggi
2.
Weakness
(kelemahan)
Weakness yaitu mampu melihat kelemahan yang ada
didalam dirinya dengan begitu diharapkan dapat meminimalkan kekurangan dengan
cara mau belajar dan memperbaiki diri sehingga dapat mengubah kekurangan
menjadi kelebihan.
Saya dapat
melihat kelemahan pada produk ini adalah:
·
Hasil produksi tidak tahan lama, harus segera
dikonsumsi
·
Produknya
terlalu mudah untuk ditiru oleh pesaing
·
Harga bahan baku yang tidak menentu bahkan
cenderung naik
·
Modal
terbatas
3. Opporrtunity (peluang)
Opportunity yaitu mampu
melihat peluang yang ada, dengan mengasah kepekaan dan kreatifitas.
Saya
melihat peluang yang muncul sebagai berikut:
·
Tempat yang sangat strategis
·
Pemasaran
yang sangat baik dan efektif
·
Peluang
pasar masih besar karena belum terlalu banyak pesaing
·
Makanan ini sangat disukai oleh anak-anak sampai orang dewasa
4. Theart (ancaman)
Thereath yaitu ancaman yang biasanya berasal dari luar.
Saya
memperkirakan ancaman yang akan muncul adalah:
·
Adanya
pesaing yang menjual produk dengan harga yang tidak terlalu mahal.
·
Munculnya produk baru dengan kualitas dan kreasi yang lebih baik.
F. MARKETING MIX
·
Product
(Produk)
Kata
produk berasal dari bahasa Inggris product yang berarti "sesuatu
yang diproduksi oleh tenaga kerja atau sejenisnya", sedangkan pengertian
dari produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau
keinginan dan produk jasa.
Produk
saya buat ini saya beri nama “Spaghetti pentol” karena terbuat dari perpaduan antara
spaghetti yang berasal dari Italia dan pentol yang berasal dari Indonesia.
Spaghetti
pentol merupakan makanan yang sangat enak, banyak mengandung berbagai macam
gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, dan digemari oleh semua kalangan dari
anak-anak sampai orang dewasa
·
Price
(Harga)
Harga(Price)
adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh suatu
produk. Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan
pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan, sedangkan ketiga unsur lainnya
(Produk, Promosi dan Distribusi) menyebabkan timbulnya biaya.
Harga
yang saya tetapkan cukup terjagkau yaitu sebesar Rp 5.000,00 untuk memenuhi
persyaratan persentasi keuntungan yang telah ditetapkan oleh guru pembimbing yaitu
dengan batas minimal 30%.
·
Place
(Tempat)
Tempat Usaha adalah tempat
yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan perdagangan, industri, produksi, usaha
jasa, penyimpanan-penyimpanan dokumen yang berkenaan dengan perusahaan, juga
kegiatan-kegiatan penyimpanan atau pameran barang-barang, termasuk rumah tempat
tinggal yang sebagian digunakan untuk kegiatan-kegiatan tersebut.
Pada kesempatan
kali ini tempat usaha saya adalah di lingkungan SMK Negeri 3 Banjarmasin karena
dalam masih dalam masa ujian praktek untuk tingkat SMK tahun ajaran 2014/2015.
·
Promotion
(Promosi)
Promosi
adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan
tujuan menarik calon konsumen
untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen
atau distributor
mengharapkan kenaikannya angka penjualan.
Karena
saat ini banyak sekali yang menggunakan media sosial dari anak muda samapi
orang dewasa, terutama dikalangan anak muda sebagai target utama saya, maka
saya tetapkan promosi yang akan saya pergunakan paling utama yaitu melalui
media sosial, tetapi promosi dengan cara lain seperti brosur dan secara “Face
to face” tetap saya akan pergunakan agar semua semua orang dapat dengan mudah
mengenal produk yang akan saya jual.
G. PERHITUNGAN MODAL
·
Biaya
bahan
- 1.000 gram Spaghetti “La Fonte” Rp 25.000,00
- 500 gram Saus Bolognese
“La Fonte” Rp 22.000,00
- 60 gram Keju cheddar “Kraft” Rp 7.000,00
- Daun sop Rp
1.000,00
- 30 butir pentol daging sapi Rp 20.000,00+
Jumlah biaya bahan Rp 75.000,00
·
Biaya
tenaga kerja Rp 10.000,00
·
Biaya nota dan pulpen Rp 3.000,00
·
Biaya
kemasan Rp 3.000,00
·
Biaya garpu plastik Rp
2.000,00
·
Biaya
transportasi Rp 2.000,00
·
Biaya
sewa tempat Rp 1.000,00
·
Biaya
sewa peralatan Rp 1.000,00
·
Biaya dispay Rp 1.000,00
·
Biaya
promosi Rp 3.000,00
·
Biaya
listrik, air dan gas LPG Rp 2.000,00
·
Biaya
lain-lain Rp 2.000,00+
Total biaya Rp 105.000,00
H. HARGA JUAL
Dari
bahan-bahan di atas dihasil sebanyak 30
porsi Spaghetti pentol yang dibandrol dengan harga Rp 5.000,00
I. PERHITUNGAN LABA RUGI
Berdasarkan
perhitungan modal dan harga jual, maka akan diperoleh perhitungan laba rugi
sebagai berikut:
Total penjualan – total biaya = laba/rugi
Rp 150.000,00 – Rp 115.000,00 = Rp 35.000,00
J. ANALISA KEUNTUNGAN
Persentasi
keuntungan dari penjualan adalah sebesar 30%, angka ini didapat dari perhitungan
sebagai beri:
Laba
|
X 100%
|
=…….%
|
|
Jumlah penjualan
|
|||
|
|||
Rp 45.000,00
|
X 100%
|
= 30%
|
|
Rp 150.000,00
|
K. CARA MEMBUAT
Ø Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk
membuat Spaghetti pentol:
·
Spaghetti
“La Fonte”
·
Saus
Bolognese “La Fonte”
·
Keju
cheddar “Kraft
·
Daun
sop
·
Pentol
daging sapi
Ø Peralatan yang digunakan untuk membuat
spaghetti pentol adalah:
·
Kompor
·
Panci
·
Pisau
·
Piring
·
Saringan
·
Garpu
Ø Proses pembuatan spaghetti pentol yaitu:
·
Masukkan
pasta ke dalam 5 liter air mendidih, tambahkan garam dan minyak goreng
secukupnya
·
Aduk
sesekali dan masak 8 sampai 10 menit atau sampai tingkat kekenyalan yang
diiginkan
·
Tiriskan,
lalu hidangkan dengan saus Bolognese “La Fonte” dan pentol daging sapi iris dan
keju parut di atasnya, setelah itu hias dengan daun sop.
·
Spaghetti
Pentol yang sangat enak pun siap dinikmati.
L. KESIMPULAN
Menurut penulis usaha ini dapat
berkembang dan akan mencapai keberhasilan. Penulis sangat yakin bahwa usaha ini
akan maju dan terus berkembang karena dilakukan oleh orang–orang yang mempunyai
kualitas dan bertanggung jawab dalam menjalankan setiap pekerjaannya. Penulis sadar bahwa usaha ini tidak akan langsung berkembang pesatdan akan mengalami pasang surut dalam suatu
usaha. Tapi penulis tetap yakin
dan akan terus berjuang untuk terus menerus menjalankan dan mengembangkan usaha
ini
M.
SARAN
Demikian proposal usaha ini penulis buat dengan mempertimbangkan seluruh
aspek-aspek usaha maupun peluang-peluang usaha yang mungkin penulis dapat masukkan
dalam dunia bisnis kedepannya. Dengan adanya proposal usaha spaghetti pentol ini diharapkan dapat memenuhi
kebutuhan pasar atau konsumen khususnya masyarakat Banjarmasin.
Apapun usaha yang akan dijalankan harus memperhatikan segala macam
pandangan ataupun peluang yang ada.
Itulah kunci keberhasilan suatu usaha yang akan dijalankan. Dan merupakan
tantangan bagi wirausahawan muda yang selalu dituntut untuk dapat beradaptasi
dengan persaingan bisnis yang sangat ketat. Sehingga dari hal tersebut dapat
diketahui bahwa peluang bisnis akan tercipta bila kita mampu menciptakannya.
Karena saat ini tentu sangat sulit bagi calon pengusaha muda untuk dapat
memasuki dunia bisnis tanpa benar-benar jeli dan paham mengenai bisnis yang
akan dia geluti.
Maka dengan
adanya proposal ini dapat memberikan sedikit pandangan bahwa peluang binis spaghetti
pentol ini sangat menjanjinkan, namun semua itu juga harus dijalani dengan
rajin, tekun, dan pantang menyerah juga disertai dengan kemampuan menganalisa
peluang yang baik dan pengolahan (manajemen) yang baik. Dan yakinkan bahwa
bisnis apapun yang anda laksanakan dapat bersaing dan berkembang sesuai harapan
dan usaha yang sudah dilakukan.
DAFTAR PUSTAKA
Ø Internet.
Ø Siti Aminah. 2014. Proposal usaha
“samosa” tahun ajaran 2013/2014. Banjarmasin: SMK Negeri 3 Banjarmasin.
Ø Dra. Ratna Yuliastuti, M.M, dkk.
2007. Kewirausahaan IA untuk SMK.
Yogyakarta: LP2IP Yogyakarta.
Ø Dra. Ratna Yuliastuti, M.M, Dra.
Endang Kadarwati, M.M, dkk. 2008. Kewirausahaa IB untuk SMK. Yogyakarta: LP2IP Yogyakarta.
Ø Dra. kasminah, Drs. Wahono, Drs.
Sudiyono dan Drs. Y. Bambang Sugiarto. 2009. Kewirausahaan IIA untuk SMK. Yogyakarta: LP2IP Yogyakarta.
Ø Dra. Endang Kadarwati, M.M, dan
Dra. Ratna Yuliastuti, M.Si. 2007. Kewirausahaan III untuk SMK. Yogyakarta: LP2IP Yogyakarta.
SANGAT BAGUS INI :(
BalasHapusJejak
BalasHapusKERIPIK PASTA
MASTER NAGA
BREVE
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusizin copy
BalasHapusSilahkan
HapusMantap
BalasHapusOke
Hapuskreatif Kak, terimakasih ilmunya...
BalasHapusAplikasi Kasir Restoran Gratis
Sama sama
HapusIzin copy buat tugas sekolah 🙏🏽🙏🏽🙏🏽
BalasHapus