Halaman

Senin, 30 Mei 2016

resensi akhlak tasawuf



TUGAS PERSONAL
Akhlak Tasawuf
DOSEN PENGAMPU MATA KULIAH
Muhammad Yassar, LC

AKHLAK TASAWUF


Oleh :

Muhammad Sadriyannor
1501150144


INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ANTASARI
FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM
PROGRAM STUDI S1-EKONOMI SYARIAH
BANJARMASIN
2015/2016
DATA BUKU

Judul buku: Akhlak Tasawuf
Penulis: Prof. Dr. Rosihon Anwar, M.Ag.
Editor: Drs. Maman Abd. Djaliel, M.Ag.
Desain Cover: Wandi
Khath Arab: Drs. Maman Abd. Djaliel, M.Ag.
Setting, Layout, Montase: Tim Redaksi Pustaka Setia
Cetakan: 2010
ISBN: 979-979-730-917-6
Penerbit: CV. Pustaka Setia
Jumlah Bab: 16 (Enam belas)
Jumlah Halaman: 364 halaman
Ukuran Buku: 16 cm X 24 cm
Harga Buku: Rp. 45.000,-
Dibeli pada: 05 Maret 2016
BAB I
SISTEMATIKA PENULISAN
     Bahasa yang digunakan dalam buku yang saya resensi ini menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dimengerti.
BAB II
KEUNGGULAN BUKU
-          Adanya footnote yang memudahkan pembaca mencari referensi aslinya;
-          Terdapat penjelasan dalam footnote
-          Dimuatnya ringkasan pada tiap bab yang memudahkan pembaca.
BAB III
KELEMAHAN BUKU
-          K
BAB IV
ISI BUKU
BAB 1
AKHLAK DAN BEBERAPA TINJAUAN TERHADAPNYA
     Dalam bab pertama ini membahas tentang akhlak yaitu secara bahasa adalah perangai, tabiat, dan agama. Secara harfiah berarti kumpulan kaidah untuk menempuh jalan yang terbaik, jalan yang sesuai untuk menuju akhlak, pandangan akal tentang kebaikan dan keburukan.
     Landasan dan kedudukan akhlak, adalah:
1.      Q.S. Al-Maidah [5]: 15-16
2.      Q.S. Al-Ahzab [33]: 21
3.      Q.S. Al-Qalam [68]: 4 dan 68
4.      Serta beberapa Hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Malik, Ahmad dan At-Tirmidzi
Tujuan akhlak dan manfaat mempelajarinya, yaitu:
1.      Mengetahui tujuan utama diutusnya Nabi Muhammad SAW.
2.      Menjembatani kerenggangan antara akhlak dan ibadah
3.      Mengimplementasi pengetahuan tentang akhlak dalam kehidupan
Ruang lingkup akhlak, sebagai berikut:
1.      Akhlak terhadap Allah SWT.;
2.      Akhlak terhadap Rasullah SAW.;
3.      Akhlak terhadap pribadi;
4.      Akhlak dalam keluarga;
5.      Akhlak bermasyarakat;
6.      Akhlak bernegara.€
BAB 2
HUBUNGAN ILMU AKHLAK DENGAN ILMU LAINNYA
     Sebagai ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri, ilmu akhlak dalam menjalankan fungsinya yang lebih luas lagi tidak terlepas dari ilmu-ilmu lainnya, bahkan banyak menjalin hubungan erat dengan ilmu-ilmu lainnya, sebagai berikut:
1.      Ilmu akhlak dengan sosiologi
2.      Ilmu akhlak dengan psikologi
3.      Ilmu akhlak dengan ilmu hukum
4.      Ilmu akhlak dengan filsafat
5.      Ilmu akhlak dengan ilmu tasawuf (Irfan)
6.      Ilmu akhlak dengan ilmu pendidikan (Tarbiyah)
7.      Ilmu akhlak dengan akidah ibadah
BAB 3
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ILMU AKHLAK
     Ada beberapa tokoh yang berupaya melakukan pembahasan sejarah dan perkembangan ilmu akhlak ini, di antarnya adalah Ahmad Amin. Seperti:
A.    Sejarah perkembangan akhlak pada zaman Yunani
1.      Tokoh-tokoh Sofistik (500 – 450 SM);
2.      Socrates (469 – 399 SM);
3.      Cynics dan Cyrenics;
4.      Plato (427 – 347 SM);
5.      Aristoteles (394 – 322 SM);
6.      Stoics dan Epicurics;
7.      Agama Nasrani.
B.     Akhlak pada abad pertengahan
1.      Abelard (1079 – 1142 M);
2.      Thomas Aquinas (1226 – 1274M).
C.     Sejarah akhlak pada bangsa Arab sebelum Islam
1.      Luqman;
2.      Al-Hakim;
3.      Aktsam bin Shaifi;
4.      Zuhair bin Abi Sulma (530 – 627M);
5.      Hatim Ath-Tha’i.
D.    Sejarah akhlak pada bangsa Arab setelah Islam
1.      Ali bin Abi Thalib;
2.      Isma’il bin Mahram Abu An-Nashr As-Saukani (abad ke-2 H);
3.      Ja’far bin Ahmad Al-Qummi (abad ke-3 H);
4.      Ar-Razi (250 – 313 H);
5.      Ali bin Ahmad Al-Kuhfi (abad ke-4 H);
6.      Ibnu Manaskawaih (abad ke-5H);
7.      Warram bin Abi Al-Fawaris (abad ke-6 H);
8.      Syekh Khawajah Nashir Ath-Thusi (abad ke-7 H);
     Dalam Islam, tidak diragukan lagi bahwa Nabi Muhammad SAW. adalah guru terbesar dalam bidang akhlak.
E.     Barat (Zaman Baru)
1.      Descartes (1596 – 1650 M);
2.      Jhon of Salisbury (1120 – 1180 M);
3.      Bentham (1748 – 1832 M) dan Stuart Mill (1806 – 1873 M)
4.      Thomas Hill Green (1836 – 1882 M) dan Herbert Spencer (1820 – 1903 M)
5.      Spinoza (1632 – 1677 M), Hegel (1770 – 1831 M), dan Kant (1724 – 1831 M)
6.      Victor Cousin (1792 – 18767 M) dan August Comte (1798 – 1857 M)
7.      Pasca Mill dan Spencer
BAB 4
BAIK DAN BURUK
     Baik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan luhur, bermartabat, menyenangkan, dan disukai manusia. Adapun buruk adalah sesuatu yang berhubungan dengan sesuatu  yang rendah, hina, menyusahkan, dan di benci manusia.
     Ukuran baik dan buruk:
1.      Aliran naturalisme;
2.      Aliran hedonisme;
3.      Eudaemonisme;
4.      Pragmatisme;
5.      Vitalisme;
6.      Idealisme;
7.      Eksistensialisme;
8.      Utilitarisme;
9.      Deontologi;
10.  Teologis.
BAB 5
AKHLAH TERPUJI
     Menurut Al-Ghazali, akhlak terpuji merupakan sumber ketaatan dan kedekatan kepada Allah SWT. sehingga mempelajari dan mengamalkannya merupakan kewajiban individual setiap muslim.
     Macam-macam akhlak terpuji, yaitu:
1.      Akhlak terhadap Allah SWT.
a.       Menauhidkan Allah SWT.
b.      Berbaik sangka (husnu zhann)
c.       Zikrullah
d.      Tawakal
2.      Akhlak terhadap diri sendiri
a.       Sabar
b.      Syukur
c.       Menunaikan amanah
d.      Benar atau jujur
e.       Menepati janji (al-wafa’)
f.       Memelihara kesucian diri
3.      Akhlak terhadap keluarga
a.       Berbakti kepada orang tua
b.      Bersikap baik kepada saudara
4.      Akhlak terhadap masyarakat
a.       Berbuat baik kepada tetangga
b.      Suka menolong orang lain
5.      Akhlak terhadap lingkungan.
BAB 6
AKHLAK TERCELA (MADZMUMAH)
     Akhlak tercela merupakan tingkah laku yang tercela yang dapat merusak keimanan seseorang dan menjatuhkan martabatnya
     Macam-macam akhlak tercela:
1.      Syirik
2.      Kufur
3.      Nifak dan Fasik
4.      Takabur dan Ujub
5.      Dengki
6.      Gibah (mengumpat)
7.      Riya’
BAB 7
PENGERTIAN TASAWUF DAN DASAR-DASAR QURANINYA
     Ilmu tasawuf adalah ilmu yang mempelajari usaha membersihkan diri, berjuang memerangi hawa nafsu , mencari jalan kesucian dengan makrifat menuju keabadian, saling mengingatkan antara manusia, serta berpegangan teguh pada janji Allah SWT. dan mengikuti syariat Rasullah SAW. dalam mendekatkan diri dan mencapai keridaan-Nya.
     Ciri-ciri tasawuf:
1.      Memiliki moral;
2.      Pemenuhan fana (sirna) dalam realitas mutlak;
3.      Pengetahuan intuitif langsung;
4.      Timbulnya rasa kebahagiaan sebagai karunia Allah SWT.;
5.      Penggunaan simbol-simbol yang biasanya mengandung pengertian secara harfiah dan tersirat.
Dasar-dasar tasawuf dalam Al-Qur’an
1.      Q.S. Al-Ma’idah [5]: 54
2.      Q.S. At-Tahrim [66]: 8
3.      Q.S. Al-Baqarah [2]: 115 dan 155, serta186
4.      Q.S. An-Nur [24]: 35
5.      Q.S. Qaf [50]: 16
6.      Q.S. Fatir [35]: 5
7.      Q.S. An-Nisa [4]: 77
8.      Q.S. Al-Hujarat [49]: 13
9.      Q.S. Ath-Talaq [65]: 3
10.  Q.S. Az-Zumar [39]: 38
11.  Q.S. Ibrahim [14]:7
12.  Q.S. Al-Mu’min [40]: 56
13.  Q.S. Al-Ma’idah [5]: 119.
BAB 8
SEJARAH PERKEMBANGAN TASAWUF DARI MASA KE MASA
A.    Perkembangan tasawuf pada abad kesatu dan kedua Hijriah
1.      Aliran Madinah
a.       Abu Bakar Ash-Shiddiq (w. 13 H)
b.      Umar bin Khaththab (w. 23 H)
c.       Utsman bin Affan (w. 35 H)
d.      Ali bin Abi Thalib (w. 40 H)
e.       Salman Al-Farisi (w. 32 H)
f.       Abu Dzar Al-Ghifary (w. 22 H)
g.      Ammar bin Yasir (w. 37 H)
h.      Hudzaifah bin Al-Yaman (w. 36 H)
i.        Al-Miqdad bin Al-Aswad (w. 33 H)
2.      Aliran Bashrah
a.       Al-Hasan Al-Bashry (22 H – 110 H)
b.      Rabi’ah Al-Adawiyah (96 H/713 M – 185 H/801 M)
c.       Malik bin Dinar (w. 131 H)
3.      Aliran Kufah
a.       Sufyan Ats-Tsaury (97 H/715 M – 161 H/778 M)
b.      Ar-Rabi’ bin Khatsim (w. 67 H)
c.       Sa’id bin Jubair (w. 95 H)
d.      Thawus bin Kisan (w. 106 H)
4.      Aliran Mesir
a.       Salim bin ‘Atar At-Tajibi (w. 75 H)
b.      ‘Abdurrahman bin Hujairah (w. 69 H)
c.       Nafi’ (w. 117 H)
d.      Al-Laits bin Sa’ad (w. 175 H)
e.       Hayah bin Syuraih (w. 158 H)
f.       ‘Abdullah bin Wahab (w. 197 H)
B.     Abad ketiga dan keempat Hijriah
1.      Perkembangan tasawuf pada abad ketiga Hijriah
a.       Abu Sulaiman Ad-Darani (w. 215 H)
b.      Ahmad bin Al-Hawary Ad-Damasqiy ( w. 230 H)
c.       Dzu An-Nun Al-Misri (115 H/770M – 245 h/860 M)
d.      Abu Yazid Al-Bustami (w. 261 H/874 M)
e.       Junaidi Al-Baghdadi (w. 298 H)
f.       Al-Hallaj (lahir tahun 244 H/838 M)
2.      Perkembangan tasawuf pada abad keempat Hijriah
a.       Musa Al-Anshary (w. 320 H)
b.      Abu Hamid bin Muhammad Ar-Rubazy (w. 322 H)
c.       Abu Zaid Al-Adamy (w. 314 H)
d.      Abu Ali Muhammad bin Abdil Wahbab As-Saqafy (w. 328)
C.     Abad kelima Hijriah
a.       Al – Qusyairi (376 – 465 H)
b.      Al – harawi (lahir 396 H)
c.       Al- Ghazali (450 – 405 H)
D.    Abad keenam, ketujuh, dan kedelapan Hijriah
1.      Perkembangan tasawuf pada abad keenam Hijriah
a.       As-Suhrawardi Al-Maqtul (w. 587/1191 M)
b.      Al-Ghazawany (w. 545 H/1151 M)
2.      Perkembangan tasawuf pada abad ketujuh Hijriah
a.       Ibnu Faridh
b.      Ibnu Sabi’in
c.       Jamaluddin Ar-Rumy
3.      Perkembangan tasawuf pada abad kedelapan Hijriah
a.       Al-Kisany (w. 739 H/1321 M)
b.      Abdul Karim Al-Jily
4.      Perkembangan tasawuf pada abad keenam Hijriah
a.       Abdul Wahhab Asy-Sya’rany
b.      Abdul Abbas Ahmad bin Muhammad bin Mukhtar At-Tijany
c.       Sidi Muhammad bin Ali As-Sanusy
d.      Asy-Syekh Muhammad Amin Al-kurdi
BAB 9
KERANGKA BERPIKIR ‘IRFANI: DASAR-DASAR FALSAFI AHWAL DAN MAQAMAT
     Kerangka sikap dan perilaku sufi diwujudkan melalui amalan dan metode tertentu yang disebut thariqat, atau jalan dalam rangka menemukan pengenalan (ma’rifat) Allah SWT. lingkup perjalanan mnenuju Allah SWT. untuk memperoleh pengenalan (ma’rifat) yang berlaku di kalangan sufi sering disebut sebagai kerangka ‘irfani.
     Maqam-maqam dalam tasawuf:
1.      Tobat
2.      Zuhud
3.      Faqr (Fakir)
4.      Sabar
5.      Syukur
6.      Rela (Rida)
7.      Tawakal
     Hal-hal yang dijumpai dalam perjalanan Sufi:
1.      Waspada dan mawas diri (mushasabah dan muraqabah)
2.      Cinta (hubb)
3.      Berharap dan takut (raja dan khauf)
4.      Rindu (syauq)
5.      Intim (uns)
     Metode ‘Irfani:
1.      Riyadhah
2.      Tafakur
3.      Tazkiyat an-nafs
4.      Zikrullah
BAB 10
HUBUNGAN TASAWUF DENGAN ILMU KALAM, FILSAFAT, FIQH, DAN ILMU JIWA
     Sebagai sebuah disiplin ilmu keislaman, tasawuf tidak dapat lepas dari keterkaitan dengan ilmu-ilmu keislaman lainnya, seperti ilmu kalam, dan bidang ilmu yang lainnya.
BAB 11
TASAWUF AKHLAKI
     Secara etimologis , tasawuf akhlaki bermakna membersihkan tingkah laku atau saling membersihkan tingkah laku.
     Tokoh tasawuf akhlaki:
1.      Hasan Al-Bashri
2.      Al-Mushasibi
3.      Al-Qusyairi
4.      Al-Ghazali
BAB 12
TASAWUF IRFANI
     Tasawuf Irfan tidak hanya membahas soal keikhlasan dalam hubungan  antarmanusia, tetapi lebih jauh menetapkan bahwa apa yang kita lakukan tidak pernah kita lakukan. Ini tingkatan ikhlas yang paling tinggi.
     Tokoh-tokoh tasawuf Irfan:
1.      Rabi’ah Al-Adawiah
2.      Dzu An-Nun Al-Misri
3.      Abu Yazid Al-Bustami
4.      Abu Manshur Al-Hallaj
BAB 13
TASAWUF FALSAFI
     Tasawuf falsafi adalah tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan antara visi mistis dan visi rasional penggagasnya.
     Tokoh-tokoh tasawuf falsafi;
1.      Ibnu Arabi
2.      Al-Jili
3.      Ibnu Sab’in
BAB 14
TAREKAT
     Tarekat adalah “jalan” yang ditempuh oleh para sufi. Jalan ini dapat digambarkan sebagai jalan yang berpangkal dari syariat sebab jalan utama disebut ‘syar, sedangkan anak jalan disebut thariq.
BAB 15
STUDI KRITIS TERHADAP ALIRAN-ALIRAN TASAWUF
     Esensi tasawuf sebenarnya telah ada sejak masa kehidupan Rasullah SAW., tetapi tasawuf sebagai ilmu keislaman merupakan hasil kebudayaan Islam sebagaimana ilmu-ilmu keislaman lainnya, seperti fiqh dan ilmu tauhid. Oleh karena itu tasawuf seperti halnya ilmu-ilmu lainnya, tidak terlepas dari kritikan-kritikan dari berbagai golongan yang menentangnya.
BAB 16
TASAWUF DI INDONESIA
     Dari sekian banyak naskah lama yang berasal dari Sumatra, baik yang ditulis dalam bahasa Arab maupun Melayu, berorientasi sufisme. Hal ini menunjukkan bahwa pengikut tasawuf merupakan unsur yang cukup dominan dalam masyarakat pada masa itu. Kenyataan lainnya, kita dapat melihat pengaruh yang sangat besar dari para sufi dalam memengaruhi kepemimpinan raja, baik yang ada di tanah Aceh maupun yang ada di tanah Jawa.
     Tokoh-tokoh tasawuf di Indonesia
1.      Hamzah Al-Fansuri
2.      Nuruddin Ar-Raniri
3.      Syekh Abdur Rauf As-Sinkili
4.      Syekh Yusuf Al-Makasari
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar